Terkadang membuat Surat Lamaran Kerja susah-susah gampang dan bahkan ada juga yang meremehkan cara pembuatannya. Dalam artikel ini akan diulas beberapa Tips agar lamaran pekerjaan kita diterima dan dibaca oleh Bagian Personalia / HRD.
1. Buat Lamaran Semenarik mungkin mulai dari jenis kertas dan bungkusnya
2. Lamaran dibuat maksimal 1-2 halaman.
3.Kalau perlu gunakan jasa pengiriman agar seolah-olah lamaran tersebut sangat penting untuk disampaikan.
A. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
B. Contoh Riwayat Hidup (CV)
- Staff HR di Koko Bar N Restaurant pada tahun 2010 – sekarang
C. Tips menghadapi Wawancara User
1. Berpakaian rapi dan Sopan
2. Wajah harus bugar jangan seperti orang sakit
3. Ketika berhadapan jangan lupa tunjukkan keramah tamahan saudara ( Jangan cengar-cengir)
4. Berbicara dengan jujur, tegas, singkat, padat dan jelas.
5. Ketika menjelaskan diri anda tatapan mata harus menunjukkan keseriusan dan kejujuran
6. gunakan tangan anda untuk menjelaskan
7. Jangan hanya menjelaskan kelebihan anda, jelaskan juga kekurangan anda dan berikan jawaban anda untuk menutup kekurangan diri anda tersebut. Contoh: Saya tidak bisa bangun pagi sehingga saya menyiapkan jam beker untuk membantu saya bangun pagi.
8. Ketika ditanya tentang gaji yang diharapkan, usahakan sesuaikan dengan prestasi anda. Bagi anda yang fresh Graduate jangan menawar gaji tapi jawablah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sedangkan bagi anda yang berpengalaman silakan dinegosiasikan sesuai dengan bakat yang saudara miliki. Ingat Perusahaan akan memberikan gaji/ salary sesuai dengan prestasi saudara dalam memajukan perusahaan tersebut.
9. Akhiri Percakapan saudara dengan berjabat tangan secara tegas.
NB: semoga membantu anda yang sedang sibuk mencari pekerjaan.
1. Buat Lamaran Semenarik mungkin mulai dari jenis kertas dan bungkusnya
2. Lamaran dibuat maksimal 1-2 halaman.
3.Kalau perlu gunakan jasa pengiriman agar seolah-olah lamaran tersebut sangat penting untuk disampaikan.
A. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
Denpasar, 07 Desember 2012
Kepada
Yth,
Bapak/Ibu
Pimpinan
(Nama Perusahaan, Hotel, Bank, dll)
Di
Tempat
Dengan
Hormat,
Sehubungan
dengan informasi yang saya dapatkan melalui (surat Kabar, email, No Hp, dll) pada
tanggal 07 Desember 2012, dengan ini saya:
Nama:
I Made Wira Atmaja, SH.
Tmpt&Tgl.
Lahir: Ende, 18 Juni 1987
Jenis
Kelamin: Laki-Laki
Pendidikan
akhir: S1- Ilmu Hukum
Alamat:
Jln. Merdeka (seusai tempat tinggal/KTP)
HP:087860xxx
Email: wiraatm@ymail.com
mengajukan permohonan lamaran kerja
sebagai (Posisi pekerjaan) di perusahaan yang
Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan dokumen-dokumen
berikut :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy KTP
3. Foto Copy Ijasah S1
4. Foto Copy Transkip Nilai S1
5. Foto Copy Sertifikat Kursus/ Pelatihan
6. Pas Foto Terbaru
Besar
Harapan saya untuk dapat diterima dan bergabung di Perusahaan yang Bapak
pimpin.
Hormat Saya
I Made Wira
Atmaja, SH.
B. Contoh Riwayat Hidup (CV)
Data Pribadi :
Nama :
I Made Wira Atmaja,
SH.
Tempat Tgl / Lahir : Ende,
18 Juni 1987
Alamat : Jl. Merdeka.
Agama : Hindu
Kewarganagaraan : Indonesia
Status : Lajang
HP :
08786xxxxxx
Pendidikan :
·
SDN 11 Kuta
·
SMPN 1 Kuta
·
SMAN 5 Denpasar
·
Fakultas Hukum Universitas Udayana
Pengalaman / Keahlian :
- Bisa mengoperasikan Aplikasi
Ms.Word, Excel, Internet - Staff HR di Koko Bar N Restaurant pada tahun 2010 – sekarang
C. Tips menghadapi Wawancara User
1. Berpakaian rapi dan Sopan
2. Wajah harus bugar jangan seperti orang sakit
3. Ketika berhadapan jangan lupa tunjukkan keramah tamahan saudara ( Jangan cengar-cengir)
4. Berbicara dengan jujur, tegas, singkat, padat dan jelas.
5. Ketika menjelaskan diri anda tatapan mata harus menunjukkan keseriusan dan kejujuran
6. gunakan tangan anda untuk menjelaskan
7. Jangan hanya menjelaskan kelebihan anda, jelaskan juga kekurangan anda dan berikan jawaban anda untuk menutup kekurangan diri anda tersebut. Contoh: Saya tidak bisa bangun pagi sehingga saya menyiapkan jam beker untuk membantu saya bangun pagi.
8. Ketika ditanya tentang gaji yang diharapkan, usahakan sesuaikan dengan prestasi anda. Bagi anda yang fresh Graduate jangan menawar gaji tapi jawablah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sedangkan bagi anda yang berpengalaman silakan dinegosiasikan sesuai dengan bakat yang saudara miliki. Ingat Perusahaan akan memberikan gaji/ salary sesuai dengan prestasi saudara dalam memajukan perusahaan tersebut.
9. Akhiri Percakapan saudara dengan berjabat tangan secara tegas.
NB: semoga membantu anda yang sedang sibuk mencari pekerjaan.
No comments:
Post a Comment